Gadget & Teknologi

Gaya Hidup

Mengagumkan

Fakta

Pengetahuan Am

/ / / 10 Pesawat Tempur Terpantas

10. F-14D Super Tomcat 2.34 Mach


Jika Anda pernah menonton Top Gun lakonan tom cruise, Anda pasti melihat Tomcat, meskipun mungkin salah satu dari siri sebelumnya. Tomcat F-14D, dicipta oleh Grumman, jelas merupakan salah satu dari jenis pesawat tentera terpantas.

Mampu mencapai kepantasan di 2,34 mach, pesawat itu dibuat untuk menghancurkan pesawat musuh pada waktu malam . Sementara banyak pesawat yang hanya diizinkan untuk terbang dalam cuaca yang layak, F-14D boleh terbang dan menghancurkan dalam semua jenis keadaan. Tidak hanya itu, selain dapat menyerang pada waktu malam dan dalam cuaca yang tidak terlalu baik, pesawat ini juga mampu menembak sekaligus 6 target pada waktu yang sama. Tomcat mampu mengesan pesawat musuh dari jarak 100 batu.

Penerbangan pertamanya pada tanggal 23 November 1987 dari halaman Calverton Grumman dan prototype akhir melakukan penerbangan pada tanggal 9 Februari 1990. Tomcat F-14D adalah siri terakhir dari siri F-14 F yang upgrade dengan perangkat perisian komputer yang jauh lebih handal dan canggih. Namun, Menteri Pertahanan Dick Cheney menganggap pesawat ini tidak cukup kompetitif untuk bersaing dengan teknologi modern saat ini dan membatalkan produksi F-14 tahun 2008.

9. MiG-23 Flogger – 2.35 Mach

MiG-23 Flogger dibangun untuk menggantikan MiG-21 Fishbed sebelumnya. Dibuat dengan mesin yang lebih kuat serta tetapan sudut sayap menyapu yang mampu mengubah variabel seperti kepantasan waktu take off, dan waktu pendaratan.

Mereka yang pernah terbang bersama pesawat ini mengatakan bahwa Flogger adalah salah satu pesawat tempur terbaik yang pernah dibuat dan relatif mudah untuk diterbangkan.

Meskipun digunakan untuk pertahanan Rusia dengan sistem penjejak dan radar inframerah, pesawat ini diambil alih oleh AS dan di ganti nama menjadi YF-113 dengan beberapa perubahan.

Flogger banyak digunakan oleh Soviet serta Hungaria, Poland, Bulgaria, Jerman Timur, dan beberapa sekutu Pakatan Warsawa. Negara-negara seperti cuba, Korea Utara, India, Mesir, Syiria, dan lain-lain juga memiliki MiG-23S.

8. Su-27 Flanker – 2.35 Mach

Soviet mencipta Su-27 Flanker untuk menyaingi dominasi udara AS dengan F-15 Eagle dan F-16 Fighting Falcon-nya. Mampu terbang dengan kepantasan 2,35 mach, Flanker menjadi pesawat tempur paling tangguh pada masanya.

Rancangan akhir Su-27 selesai pada tanggal 20 April 1981. Flanker banyak mencatat rekod, termasuk kepantasan take-off dan kertinggian dalam mendaki udara. Meskipun merupakan projek Rusia, negara-negara lain seperti Vietnam dan Cina sangat tertarik dalam memproduksi Flanker dengan versi mereka sendiri, tapi ini biaya yang harus dikeluarkan sangat meanrik : $ 180 juta dollar sebuah.

7. F-14 Tomcat – 2.37 Mach

Angkatan Laut Amerika sedang mencari jet pejuang jangka panjang dan Grumman memiliki jawapannya: F-14. Dilengkapi dengan tetapan sudut sayap yang dapat diubah dan kapasiti bahan bakar besar, pesawat ini menduduki rangking tertinggi. Dengan kemampuan menembakkan peluru berpandu ke pesawat musuh lebih dari 100 batu , menjadi sangat berguna untuk melindungi kapal induk dari serangan dari udara.

Setelah Soviet bubar tahun 1990-an, Pesawat ini diturunkan kemampuannya hanya untuk serangan darat terbatas dan kemampuan yang dipasang sebelumnya tidak lagi diperlukan. Hari ini F14 telah digantikan oleh F/A-18E/F Super Hornet kerana peningkatan kos selenggara.

6. Su-24 Fencer – 2.4 Mach


Su-24 Fencer adalah pesawat buatan Soviet yang awalnya dimaksudkan untuk menyaingi US F-111. Namun Fencer membuktikan bahwa ia jauh lebih baik, jauh lebih pantas, kecil, ringan, dan lebih kuat daripada F-111. Bahkan, Fencer sering disebut sebagi pesawat paling berbahaya yang pernah dimiliki Soviet.

Keunggulan pesawat ini adalah ia mampu mencapai 2,4 mach pada ketinggian rendah, sementara tidak banyak pesawat yang mampu melakukannya. Perlukan ketinggian tertentu untuk boleh terbang pada kepantasan supersonik. Fencer juga dilengkapi dengan peluru berpandu laser-designators yang mempunyai ketepatan lebih baik. Teknologi radar ini membuat Fencer sangat kuat. Meskipun penerbangan pertamanya pada 2 Juai 1967, secara rasmi Fencer diperkenalkan pada tentera tahun 1974.

5. F-111 Aardvark – 2.5 Mach


F-111 Aardvark mungkin paling dikenal dengan design modul cokpit untuk dua penerbang yang dirancang selepas dari keadaan darurat. Pertama dirancang awal 1960-an oleh General Dynamics, F-111 Aardvark, meskipun mempunyai nama yang aneh, Aardvark adalah pengebom strategik yang banyak digunakan pada waktu itu.

Pertama kali keudara pada tanggal 21 Desember 1964 dan bergabung dalam tentera pada bulan Juli 1967. Tujuan dibangunnya F-111 adalah sebagai interceptor jarak jauh bagi US Navy serta pesawat pengebom Angkatan Udara. Namun kemudian, pesawat hanya bermanfaat bagi Angkatan Udara sebab ketika berkumpul dan siap untuk dimasukkan ke dek kapal induk Angkatan Laut, mereka dianggap terlalu berat untuk digunakan.

4. F-15 Eagle – 2.5 Mach

Untuk menggantikan F-4 Phantom yang sudah out of date, Angkatan Udara AS mencari pesawat tempur unggul yang canggih dengan kemampuan jelajah jarak jauh. Pada tahun 1965 permintaan itu dibuat, hanya tujuh tahun kemudian pesawat itu sudah terbang untuk pertama kalinya dan diserap ke dalam tentera pada tahun 1979.

McDonnell Douglas, sebuah perusahaan yang dikenal sebagai pembuat Boeing, membuat pesawat yang memiliki sayap besar dengan kelincahan yang luar biasa untuk ukuran pesawat sekitar 64 meter panjang dan lebar sayap 42 kaki itu. Meskipun pesawat lebih besar dari ukuran rata-rata kebanyakan pesawat tempur, penggunaan titanium serta mampatan mesin jet yang disesuaikan memungkinkan pesawat mencapai kepantasan Mach 2,5 dalam waktu singkat. Namun, Eagle hanya mampu terbang sekitar 1,78 mach ketika dipenuhi senjata.

Tentu saja seperti kebanyakan pesawat, F-15 Eagle punya berbagai siri, termasuk F-15A dan F-15D. Model-model baru yang jauh lebih canggih, dilengkapi dengan radar top-of-the-line, komputer baru, dan banyak lagi.

3. MiG-31 Foxhound – 2.83 Mach

penerbangan pertama pada tanggal 16 September 1975, MiG-31 Foxhound dibuat untuk menggantikan MiG-25. Tugasnya menahan pesawat asing dengan kepantasan tinggi serta menggagalkan peluru berpandu jelajah dan pesawat yang terbang rendah. Meskipun mirip dengan MiG-25, Foxhound mengalami rombakan besar. Pesawat dibuat lebih besar dari MiG-25. Memiliki kemampuan untuk terbang dengan kepantasan supersonik, malah pada ketinggian rendah. Pesawat juga telah diberi mesin baru dengan kapasiti besar serta sistem menjeja radar canggih yang membuat Foxhound jauh lebih handal dan efisian dalam malaksanakan tugas.

secara rasmi diserap kedalam tentera pada tahun 1983, Foxhound dengan perlahan menggantikan penggunaan MiG-25. Sekitar 400-500 unit MiG-31 diciptakan untuk Rusia dan Soviet.

2. MiG-25R Foxbat-B – 3.2 Mach

Pada tahun 1959, Soviet fokus pada penciptaan pesawat tempur yang boleh menjadi pertahanan serta digunakan untuk kegiatan pengintipan .

Seperti beberapa pesawat Rusia lainnya, pesawat ini diciptakan untuk menyaingi pesawat AS seperti Lockheed SR-71 serta North American XB-70. Pada bulan Mac 1964, MiG-25R Foxbat melakukan penerbangan pertama dan segera pada tahun 1969, undang-undang ditandatangani untuk memungkinkan pengujian pesawat dengan kemampuan pengintipan dan percubaan dilakukan tahun 1970.

Pada tahun 1972 design penyempurnaan telah digunakan oleh Angkatan Udara Soviet. Pesawat dilengkapi dengan sistem pengendalian kebakaran automatik serta radar besar dengan sistem look-down dan shoot-down setelah tahun 1980 ketika semua MiG diperbarui.

MiG-25R Foxbat juga mampu mengebom target menggunakan bom jatuhan bebas dari ketinggian 65.000 ft sambil terbang dengan kepantasan supersonik. Ada juga sistem dipasang yang membolehkan pesawat untuk menjatuhkan 10 bom sekaligus!

1. SR-71 Blackbird – 3.2 Mach+


Meskipun pertama kali diperkenalkan pada 1966, SR-71 Blackbird masih dinobatkan sebagai pesawat pengintip terpantas hingga empat dekad. Diproduksi oleh Lockheed, SR-71 ini dirancang oleh Clarence “Kelly” Johnson seorang tokoh penting dalam sejarah penerbangan.

memula kerjayanya pada tanggal 22 Desember 1964, dan memulakan kerjaya dalam tentera pada Januari 1966. SR-71 mampu terbang dengan kepantasan mach 3.2 mach malah lebih. SR-71 adalah pesawat pengintai U-2 yang sangat terkenal oleh pertahanan udara Soviet kerana kepantasan dan kemampuan terbangnya yang lebih tinggi dan dilengkapi dengan kemampuan untuk melarikan diri.

Faktanya, pesawat ini tidak pernah dijatuhkan oleh musuh, 12 unit dari 32 unit yang pernah dibuat hancur dalam kecelakaan. Pesawat dicat dengan cat teknologi baru yang mungkin susah dikesan radar. Bentuk keseluruhan pesawat juga menjadi salah satu pesawat stealth teknologi pertama.

«
Next

Newer Post

»
Previous

Older Post

About Unknown

UUM Alumni.Blogger.Lover

Sains